Sabtu, 07 November 2015

Tas Rajut

              Di era yang sekarang ini, hampir setiap manusia ingin tampil mewah dan modern. Khususnya para wanita yang hampir semuanya up to date terkait segala macam berita yang berhubungan dengan fashion. Sekarang ini, sedang marak-maraknya tas rajut dengan berbagai macam model dan fariasi. Tidak sedikit pula para wanita yang berlomba-lomba memiliki tas dengan model yang demikian. Banyak pula toko-toko baik dari yang penjual kaki lima sampai dengan mall-mall besar menjual tas rajut.
                Pada dasarnya tas rajut dijual dengan harga yang kurang bersahabat. Mengingat bahwa pembuatan tas rajut yang memerlukan waktu yang sangat lama dikarenakan tingkat kesulitannya yang dapat dikatakan tinggi, maka tidaklah heran jika tas rahut tersebut dijual dengan harga yang mahal. Dalam proses pembuatan tas rajut tersebut tidak hanya asal-asalan aja, namun semua memerlukan pola yang tepat. Pada umumnya tas rajut ini dibuat dengan menggunakan benang nilon. Yang mana dalam proses pembuatannya memiliki banyak langkah yang harus dikerjakan, seperti pembuatan simpul awal serta simpul rantai hingga akhirnya dapat menghasilkan tas rajut yang dapat kita lihat perkembangannya yang sangat pesat didunia pemasaran, didunia ekonomi.
                Tas rajut memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan tas pada umumnya. Yang pertama yaitu 

tas rajut lebih awet dibandingkan dengan tas lainnya. Yang kedua, dari segi tampilan tas rajut lebih menarik dikarenakan nilai seninya tinggi. Yang ketiga, fariasi dari tas rajut lebih beragam. Itulah beberapa alasan mengapa tas rajut memiliki nilai lebih dibandingkan dengan tas lainnya. Oleh karena itu juga tas rajut memiliki harga jual tinggi apabila dibandingkan dengan tas jenis lainnya.  Namun tas rajut juga memiliki kekurangan. Yang pertama tas rajut lebih berat dibandingkan tas yang lain dikarenakan murni secara keseluruhan tas rajut terbuat dari benang asli. Lalu yang kedua, tas rajut bisa lebih mudah kotor. Yang ketiga susah dalam hal mencucinya, memerlukan beberapa hari hingga akhirnya dapat kering.
                Tas rajut merupakan salah satu jenis kerajinan jogja. Di Yogyakarta tas rajut ini banyak beredar dipusat kerajinan jogja seperti disepanjang jalan Malioboro. Hampir disetiap pedagang kaki lima menjual tas rajut dengan berbagai jenis dan fariasi model tentunya.  Karena tas rajut merupakan salah satu jenis kerajinan jogja, maka kita harus ikut membudidayakan serta melestarikannya.









3 komentar: