Minggu, 06 Desember 2015

Kerajinan Batik Yogyakarta

Batik merupakan salah satu warisan Indonesia yang sangat kental unsur kebudayaannya. Sudah selayaknya kita sebagai bangsa Indonesia bangga memiliki budaya yang tidak dimiliki oleh Negara lain. Sampai-sampai pernah batik ini diperebutkan oleh Negara tetangga. Hal tersebut bisa disebabkan mengingat uniknya kerajinan batik ini. Kerajinan batik di Indonesia memiliki ciri-ciri yang beragam disetiap daerahnya walaupun sama-sama Indonesia. Jika kita menolehkan pandangan kita menuju kota yang kerap dijuluki sebagai kota kebudayaan, yaitu kota Yogyakarta, batik di kota Yogyakarta pun memiliki ciri yang khas bila dibandingkan dengan daerah lain.
Sudah tidak asing lagi dimata kita ketika kita menjajah kota Yogyakarata terkait pemandangan dari batik itu sendiri. Mulai dari sudut kota sampai dipusat kota, sudah tidak jarang lagi kita menemukan batik yang terjajakan dimana-mana. Hampir semua masyarakat mulai dari tingkat pendidikan terendah hingga tertinggi  telah mengetahui terkait kemasyuran dari batik itu sendiri. Di kota Yogyakarta ini, tempat yang paling terkenal dan dikunjungi oleh oleh para wisatawan adalah
Malioboro. Dimana Malioboro merupakan tempat pusat oleh-oleh dan kerajinan di kota Yogyakarta. Hampir disepanjang Jalan Malioboro setiap pedagangkaki limanya, maupun took-toko serta mall-mall swalayan pasti menyediakan kain batik baik dalam bentuk kain maupun pakaian yang sudah jadi. Mulai dari harga yang paling murah sampai harga yang paling mahal. Mulai dari kain batik yang berkualitas rendah hingga tinggi. Selain itu berbagai jenis batik juga tersedia, mulai dari batik tulis yang cenderung paling mahal dikarenakan proses pengerjannya yang dapat dikalatan sulit dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Hingga batik printing maupun cap. Batik printing inilah yang paling banyak kita temukan di sepanjang Jalan Malioboro mengingat batik printing inilah yang paling mudah pengerjaannya.

Jika kita berjalan menuju ujung jalan Malioboro kita akan menemukan sebuah toko yang disebut dengan Mirota Batik. Yang mana di Mirota Batik ini merupakan pusat toko yang menjual berbagai macam batik. Tidak hanya kain atau pakaian saja, namun juga kerajinan Yogyakarta lain berupa pernak-pernik Yogyakarta seperti gelang, lukisan, hiasan dinding, gantungan kunci juga patung-patung mini yang padanya terdapat hiasan motif-motif batik yang unik dan beragam. Sebenarnya tidak hanya terpusat di Mirota Batik saja, disepanjang Jalan Malioboro para pedagang kaki lima juga menjajakan dagangan yang tidak kalah uniknya. Kerap kita melihat bahwasanya kerajinan inilah yang menjadikan suasana kota Yogyakarta menjadi khas dan tidak mudah untuk dilupakan. 














2 komentar: